Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

Selama ini kita mengenal kangkung sebagai sayuran yang murah meriah. Tetapi siapa sangka ternyata daun kangkung memiliki Manfaat dan Khasiat yang luar biasa.

manfaat daun kangkung


Berikut ini adalah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan yang disadur dari harian Pikiran Rakyat.

Mengobati mimisan
seikat daun kangkung yang segar dapat digunakan untuk mengobati anak-anak yang sering mimisan. daun kangkung dicuci kemudian ditumbuk halus, tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Ketika telah dingin, saring dan minumlah 2 kali sehar.

Mengobati sakit kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas, kemudian minumlah air hasil rebusan tersebut.

Mengurangi nyeri haid
kira-kira setengah kilogram daun kangkung dicuci dan kemudian ditumbuk halus dan tuangi air setengah gelas. Kemudian saring dan beri satu sendok makan madu, minum satu kali sehari sekaligus.

Mengobati ambeien
segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

Mengatasi insomnia
Jika mengalami sulit tidur, daun kangkung yang ditumis tanpa batang sangat mujarab bagi penyakit ini.

Mengobati sakit gigi
segenggam akar kangkung ditambah setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

Melancarkan buang air kecil
Jika kelancaran buang air kecil anda terganggu, segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari.

Menghilangkan ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman dan sebaiknya dilakukan setiap hari.

Mengatasi sembelit dan mual pada ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung, karena banyak mengandung vitamin bagi pertumbuhan bayi.

Mengobati kulit yang gatal karena eksim
daun kangkung yang segar setelah dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat pakai untuk mencuci bagian yang terkena eksim setiap harinya.

Mengatasi gusi bengkak
Jika menderita gusi bengkak, dapat diatasi dengan 200 gr akar kangkung yang dicuci bersih, lalu direbus dengan 200cc air dan 200cc cuka. Setelah suam suam kuku, air rebusan itu dapat digunakan untuk berkumur, dan lakukan berulang-ulang.

Menghilangkan kapalan
bagian kulit yang menebal dapat dihilangkan dengan mengoleskan getah kangkung dan lakukan setiap hari.
=================================

Itulah Manfaat Kangkung serta Khasiat Kangkung untuk kesehatan tubuh manusia sebagai obat tradisional

Popular Posts

Powered by Blogger.