Manfaat Daun Sembung dan Khasiat Daun Sembung

Berikut ini adlah Manfaat Khasiat daun sembung untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit pada tubuh manusia, sebagai obat tradisional


Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Tumbuhan Sembung sebenarnya Berasal Dari Nepal yang hidup ditempat terbuka..sampai agak terlindung ditepi sungai.dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah yg aga basah sampai pada ketinggian 2.200M dpl.
Tumbuhan tinggi mencapai 4 m, percabangan pada ujungnya, berambut halus.

Mafaat dan Khasiat
Sembung bersifat pedas, sedikit pahit, hangat dan baunya seperti rempah. Berkhasiat sebagai antibakteri, melancarkan peredaran darah, menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan, peluruh kentut (karminatif), peluruh keringan (diaforetik), peluruh dahak (ekspektoran), astrigen, tonikum dan obat batuk.

Bagian yang Digunakan
Daun dan akar muda dari tumbuhan yang belum berbunga  dan segar atau yang telah dikeringkan.

Manfaat dari Daun sembung
berkhasiat mengatasi:
  • Rematik sendi, persendian sakit setelah melahirkan,
  • Nyeri haid, datang haid tidak teratur,
  • Influenza, demam, sesak napas (asma), batuk, bronkitis,
  • Perut kembung, diare, perut mulas,
  • Sariawan,
  • Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah koroner (angina pektoris) , dan,
  • Kencing manis (diabetes melitus) 
Manfaat dari Akar sembung
Akar muda berkhasiat mengatasi:
  • Darah haid berlebihan (menoragia) ,
  • Kurang nafsu makan
  • Sakit perut, diare, cacingan dan,
  • Rematik sendi
===========================

Cara Pemakaian dan cara meramu Daun sembung

Gatal-gatal
Daun kering sebanyak 9 - 18 g atau daun segar sebanyak 15 - 30 g direbus, minum. Untuk pemakaian luar, daun segar direbus dan airnya dipakai untuk pengobatan wasir, memar, bisul, radang kulit bernanah dan gatal-gatal pada kulit.

Diare
Daun sembung segar sebanyak 1 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. tambahkan madu seperlunya, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Haid tidak teratur, Perut kembung

Daun sembung segar sebanyak 20g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Tambahkan sedikit madu, lalu diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Nyeri Haid
Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dan 5 biji kedaung yang telah dipanggang dan dihaluskan direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Minum sekaligus setelah dingin.

Angina Pektoris

Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 kali @ 3/4 gelas. Lakukan setiap hari.

Rematik Sendi
Akar sembung 30 g dan daun gandarusa 60 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Demam
Daun sembung segar sebanyak 15 g dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sama banyak pagi dan sore.

Kurang nafsu makan
Akar sembung dari tumbuhan yang belum berbunga sebanyak 30 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Seduh dengan secangkir air panas. Setelah dngin disaring, kemudian diminum sekaligus.

Itulaah Manfaat Daun Sembung dan Khasiat Daun Sembung untuk kesehatan tubuh.

Catatan
Merebus daun sembung harus dalam panci tertutup, supaya minyak asirinya tidak menguap.

Popular Posts

Powered by Blogger.