Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Perkembangan janin dalam kandungan pasti membuat anda penasaran. Berdebar-debar untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan anda. Membahagiakan, menyenangkan dan entah apa kata untuk tiada terperi ketika seorang wanita mengetahui tentang kehamilannya. Buah hati nan lucu sudah terbayang, akan menghiasi kehidupan anda dan keluarga sehari-hari. Berbahagialah ketika kehamilan datang, buah cinta dan benih titipan Tuhan telah diberikan.
Semua terlupa, itulah ketika mengetahui kehamilan. Dan pasti berita gembira akan disambut seluruh keluarga, menyambut kedatangan anak lucu dan imut. Nah, berikut ini perkembangan janin dalam kandungan dari minggu ke minggu.

Perkembangan Janin Dalam Kandungan

1. Janin usia 0-4 minggu
Pada usia ini, janin dalam kandungan berukuran kurang lebih sekitar 2mm, kecil sekali ya. Calon buah hati kita ini sudah mempunyai calon otak, dan juga sumsum tulang belakang meskipun masih sederhana. Dan tanda-tanda juga sudah mulai terbentuk pada usia janin 0 - 4 minggu ini.
2. Janin usia 4-8 minggu
Pada usia selanjutnya sampai 8 minggu, janin dalam kandungan mulai terbentuk organ tubuh utama. Ia telah mempunyai kepala yang bentuknya lebih besar dibandingkan dengan tubuh. Ini untuk menampung otak yang berkembang dengan pesat dalam kandungan. Janin usia 8 minggu sudah memiliki hidung, dagu dan kelopak mata yang jelas. Pada usia ini, janin dalam kandungan mulai terasa menendang-nendang dengan lembut.
 
Perkembangan Janin Usia 4 minggu
 
3. Janin usia 12-16 minggu
Paru-paru pada janin usia 12-16 minggu mulai berkembang. Detak jantungnya mulai terdengar dengan bantuan alat USG (ultrasonografi). Kaki janin dalam kandungan usia ini mulai tumbuh lebih panjang dibandingkan dengan tangannya. Wajah janin yang semakin terlihat jelas, terkadang akan menunjukkan ekspresi tertentu. Pada mata juga akan mulai tumbuh bulu mata dan alis. Kepala janin bisa memutar, mulutnya juga dapat terbuka.
Perkembangan Janin Usia 12-16 Minggu
4. Janin usia 16-20 minggu
Janin dalam kandungan usia 16-20 minggu sudah bisa menghisap jempol tangannya. Calon bayi kita pada usia ini juga mulai bereaksi terhadap suara ibu. Akar gigi mulai terbentuk, dan indra perasa pada lidahnya mulai bisa membedakan antara rasa manis dan pahit. Tubuh janin tertutup rambut lembut dan halus, serat sidik jari janin juga mulai terlihat.

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu




 5. Janin usia 20-24 minggu
Tubuh calon bayi kita sudah mulai seimbang antara kepala dan tubuhnya. Cuping hidung mulai membuka dan melakukan pernapasan, alat kelamin janin mulai terbentuk, juga pusat-pusat tulangnya mulai mengeras. Pada usia ini, janin dalam kandungan bahkan sudah memiliki pola tidur, menyenangkan.


Perkembangan Janin Usia 24 minggu







6. Janin usia 24-28 minggu
Perkembangan janin dalam kandungan usia ini janin mulai membentuk lemak di bawah kulitnya. Otak janin lebih aktif, kelopak matanya bisa membuka, dan rambut mulai tumbuh di kulit kepalanya. Janin usia ini juga mulai bisa mendengar suara dari luar ibunya, dan mengenali suara ibunya. Pada saat ibunya berbicara, detak jantung janin akan berdetak lebih cepat, aduh lucunya..

Perkembangan Janin Usia 28  Minggu






7. Janin usia 28-36 minggu
Si mungil lucu pada usia ini sudah mempunyai bentuk tubuh yang sempurna. Pada usia ini, ia tidak terlalu banyak bergerak, dan matanya bisa membuka dan menutup (berkedip) serta bereaksi terhadap cahaya yang masuk melalui dinding rahim Ibu. Pada usia ini, paru-paru janin belum sempurna terbentuk, tetapi bila bayi lahir pada usia 24 minggu, si kecil kemungkinan akan bisa bertahan hidup. Dan kepala bayi mulai mengarah ke bawah.


Perkembangan Janin Usia 32 minggu




8. Janin usia 36 minggu
Bayi mungil kita sepertinya sedang mempersiapkan diri untuk hadir ke dunia, di tengah-tengah keluarga yang telah menunggunya dengan bahagia. Rambut halus yang ada pada tubuhnya mulai menghilang, dan bayi mungil ini juga sering melakukan latihan menghisap, menelan dan bernapas. Usus bayi terisi mekonium atau tinja pertama pada saat bayi lahir. Kepala bayi sudah masuk ke dalam rongga panggul, dan pada saat-saat ini, bersiaplah anda untuk menyambut kedatangan sang bayi lucu dan mungil buah hati keluarga anda.


Perkembangan Janin Usia 36 minggu





Popular Posts

Powered by Blogger.