Gejala, Pencegahan Dan Penyembuhan Rosacea

Rosacea terjadi akibat adanya peradangan pada kulit atau pembuluh darah. Rosacea biasanya berwarna kemerahan. Pada 2010, penderita rosacea diperkirakan sekitar 45 juta orang di seluruh dunia mengalami penyakit kulit ini. Kebanyakan orang sering tidak sadar sedang mengalami penyakit rosacea ini sebab mereka menduga wajah mereka memerah disebabkan sensitif terhadap matahari, yang jika dibiarkan akan sembuh dengan sendirinya, sehingga menyembukan rosacea bukan sesuatu keharusan. Rosacea juga diyakini sebagai warisan genetik. Selain itu juga disebabkan adanya bakteri kulit, kerusakan akibat sinar matahari dan stres. Rosacea lebih terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif dan tipis (contoh: orang Inggris, Irlandia dan Eropa Timur), dan jarang terjadi pada seseorang yang berkulit gelap seperti orang dari ras Mediterania, Hispanik dan Asia. Berikut ini merupakan gejala atau tanda rosacea, pencegahan rosacea serta bagaimana menyembuhkan rosacea.
Adapun gejala-gejala atau tanda rosacea adalah sebagai berikut:

  • Flushing atau persistent redness. Kemerahan pada wajah. Kemerahan yang tidak segera menghilang, biasanya terlihat saat tersenyum, mengerutkan kening, atau menyipitkan mata.
  • Benjolan dan jerawat. Benjolan atau jerawat pada kulit, baik kecil dan padat (papula) atau penuh nanah (pustula). Atau mungkin lebih mirip dengan jerawat komedo. Hal ini biasanya disebut jerawat rosacea.
  • Terlihatnya pembuluh darah. Terlihatnya garis merah atau pembuluh darah (telangiectasia) samara-samar di wajah disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah.
  • Iritasi mata. Banyak orang menderita iritasi mata akibat rosacea disebut rosacea okular.
  • Penampilan kulit wajah kering. Kulit wajah kasar dan terlihat kering.
  • Plak. Bercak-bercak merah dapat terjadi pada kulit yang terkena.
  • Pembengkakan – Edema adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebutkan pembengkakan wajah.
  • Penebalan Kulit – Kulit dapat menebal dengan pori-pori yang besar yang disebut rhinophyma.
Pencegahan rosacea dapat dilakukan dengan melakukan beberapa perawatan kulit yang benar dan gaya hidup yang sehat, seperti:
  • Menjaga kebersihan kulit Anda. Bersihkan dengan lembut beberapa kali sehari. Gunakan pembersih yang lembut dan menghindari pembersih muka yang kasar sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit Anda.
  • Pakailah tabir surya yang lembut, jika Anda ragu dengan suatu produk, gunakan tabir surya yang diformulasikan untuk bayi, saat Anda pergi. Matahari dapat memperburuk kondisi Anda.
  • Cobalah selalu menjaga kelembaban kulit Anda. Tinggal di lingkungan yang ber-AC pada yang panas, maka semprotkan wajah Anda dengan air dingin. Minum air putih minimal satu hari 8 gelas. Gunakan pelembab yang alami sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, untuk menghindari uap panas dapat membuat iritasi pada wajah Anda.
  • Hindari sauna, mandi uap dan kolam air panas serta facial steam.
  • Evaluasi program diet Anda. Makanan tertentu dapat memperparah kondisi. Mulai membuat buku harian makanan, menuliskan apa yang Anda makan dan bagaimana wajah Anda bereaksi terhadap makanan tersebut. Mengurangi makanan pemicu dapat membantu menyembukan rosacea.
Seseorang dapat menyembuhkan rosacea dengan menggunakan obat-obatan konvensional atau menggunakan pengobatan alami. Namun menyembuhkan dengan menggunakan pengobatan konvensional hanya mampu menyembuhkan gejala atau tanda rosacea saja bukan penyebab dasarnya. Obat-obatan konvensional biasanya mengandung bahan-bahan seperti benzil alkohol, sodium hidroksida, asam laktat, propilen glikol. Sedangakan pengobatan dengan menggunakan bahan alami dapat menyembuhkan rosacea secara efektif, diantaranya sebagai berikut:
  • Evening primrose oil – memiliki kandungan asam gamma-linolenat (GLA) yang cukup tinggi. GLA adalah asam lemak penting yang menyebabkan kesehatan alami yang diproduksi oleh tubuh. Evening primrose oil mengurangi peradangan, merangsang sintesis protein, perbaikan dan memperbaiki kondisi kulit kering bersisik.
  • Flax seed oil, mengandung banyak omega-3 asam lemak esensial. Hal ini dapat memperbaiki kondisi kulit dan kuku dan mengurangi peradangan sel, juga membantu untuk meningkatkan kesehatan selular dan memberikan keseimbangan hormon.
  • Minyak borage, kaya asam gamma linolenat (GLA), lemak yang “baik” memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak borage telah terbukti dapat mengurangi peradangan kulit, kekeringan, scaliness dan gatal-gatal.
  • Seng, membantu tubuh anda untuk menyembuhkan. Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari rambut, kulit, dan kuku. Ini adalah nutrisi yang paling penting bagi sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  • Lidah buaya, membantu untuk melembabkan dan meremajakan kulit serta dapat membantu membuat kulit lebih halus, tampak lebih muda, dan mengurangi keriput. Selain itu dapat mengurangi rasa sakit.
  • Chamomile, minyak ini dapat menembus lapisan-lapisan epidermis untuk meringankan peradangan dan menstimulasi regenerasi sel sehat. Ini adalah bagian yang sangat penting dari pengobatan alami untuk rosacea.
sumber : http://spesialiskulit.com/gangguan-kulit/gejala-pencegahan-dan-penyembuhan-rosacea/

Popular Posts

Powered by Blogger.