Tertawa adalah Olahraga yang Baik untuk Pernafasan

Beban hidup yang menumpuk, membuat orang banyak yang stress, bahkan melupakan  tertawa. Padahal, tertawa adalah hal manusiawi yang murah, mudah dan bisa dilakukan siapa saja tanpa batasan umur. Tahukah Anda hanya dengan tertawa selain bisa usir stress, tenyata bisa merelaksasi otot dan meredakan ketegangan? Selain itu juga tertawa adalah olahraga yang baik untuk pernafasan.
Menurut penelitian medis, tertawa juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan orang yang tertawa itu selalu terlihat gembira, ceria, mata bersinar cerah dan menjadikan penampilan menarik dan awet muda,  tertawa ternyata bisa disatukan menjadi cara terbaru utuk menyehatkan tubuh Anda.

Meski tanpa gerakan yang menghentak, namun tertawa ini cukup mampu menguras keringat dan memaksa Anda keluarkan energi maksimum.


Bagaimana sisitematika tertawa ini menjadi olahraga yang baik untuk pernafasan?  Tertawa akan memenuhi paru-paru dan tubuh dengan oksigen.  Saat kita tertawa, saluran pernafasan akan dibersihkan secara alami oleh tubuh. Hal ini baik, bagi orang-orang yang jarang berolahraga. Saat bernafas tubuh menarik oksigen untuk lakukan proses metabolisme, asupan oksigen yang diambil lebih banyak hingga tubuh jadi rileks. Saat tertawa,  dilepaskan serangkaian hormon dan zat kimia yang memicu efek positif  bagi metabolisme.

Sehingga bila efek positif dari metabolime ini sudah terbentuk, beberapa manfaatpun bisa diraih. Misalnya ketegangan dan depresi mereda, tekanan darah menurun, kekebalan tubuh meningkat dan wajahpun terlihat cerah dan awet muda. Menurut Malcom Robertson, terapis yoga tertawa, ada beberapa organ tubuh yang terlibat dalam proses ini yakni jantung, saluran pencernaan, pernafasan juga otot-otot wajah. Jadi jangan heran, bila terapis yoga tertawa ini ternyata manfaatnya bisa disejajarkan dengan bermain fitness selama 30 menit.

Selain itu, efek positif dari tertawa ini adalah kepribadian orang yang suka tertawa akan terlihat jauh dari orang jarang melakukan tertawa, dimana orang yang suka tertawa terlihat lebih sehat, pancaran wajahnya cerah dan memancarkan energi positif, sehingga menjadikan magnet bagi orang lain untuk mendekat, suka berinteraksi dengannya, sehingga banyak keuntungan yang akan dicapai. Maka tertawalah, karena tertawa adalah olahraga yang baik untuk pernafasan dan menyehatkan Anda.

Popular Posts

Powered by Blogger.