Cara Mengatasi Alergi Udara dan Makanan

Cara mengatasi alergi pada prinsipnya adalah dengan menghindari barang – barang atau allergen yang dapat menyebabkan timbulnya atau kambuhnya penyakit alergi kita. Namun, terkadang cukup sulit untuk melakukan itu, karena sering kali alergi kambuh tanpa kita tahu apa penyebabnya. Pada umumnya, alergi yang sering ditemukan di tengah masyarakat ada 2 jenis, yakni alergi terhadap udara dan alergi terhadap makanan.
Alergi pada udara, pada umumnya timbul saat kita melakukan kontak langsung atau menghirup allergen yang ada di udara, misalnya saja jamur, pollen ataupun debu. Sedangkan alergi makanan tentu saja timbul saat kita memakan atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat merangsang tubuh kita untuk bereaksi berlebihan.

Cara mengatasi Alergi udara

Alergi udara terjadi karena tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat – zat yang terbawa oleh udara masuk ke dalam tubuh kita. Zat – zat tersebut masuk melalui saluran pernafasan, sehingga terhirup tanpa kita sadari saat kita bernafas. Gejala yang lazim timbul adalah bersin – bersin, namun tidak seperti biasa, bersin itu tidak juga mereda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya:
  • Menutup rapat jendela dan pintu
Kita akui bahwa tindakan ini akan membuat udara di dalam ruang menjadi panas, namun apabila kita alergi terhadap udara kotor, maka hal ini harus kita lakukan. Untuk mendinginkan udara, kita dapat menggunakan penyejuk udara, akan tetapi, kita harus memilih yang dilengkapi dengan filter agar kebersihan udara tetap terjaga.
  • Mengganti pakaian setelah bepergian dari luar
Ini hal yang sederhana namun seringkali kita lupakan. Mengganti pakaian selepas bepergian, mencuci tangan, kaki serta wajah akan meminimalisir resiko terjadi alergi.
  • Hindari penggunaan sabun batangan
Pada sebuah penelitian, ditemukan fakta menarik bahwa sabun batangan dapat mengikis lapisan pelindung kulit yang melindungi seseorang dari alergi musiman.

Cara mengatasi Alergi makanan

Pada dasarnya, ada 5 cara mudah untuk menghindari alergi makanan, yaitu;
  • Menghindari produk makanan yang dapat menimbulkan alergi.
  • Saat makan di restoran, kita harus berhati – hati karena tanpa kita sadari, mungkin koki memasak makanan dengan bahan makanan yang menimbulkan alergi pada tubuh kita. Maka dari itu, tanyakan kepada pramusaji tentang detil makanan yang ditawarkan, atau pilih hanya makanan yang benar – benar kita tahu saja.
  • Berhati – hati terhadap apa yang disebut sebagai kontaminasi silang. Kontaminasi silang selalu menjadi masalah, terutama apabila kita makan di luar. Maka dari itu, kita harus mengetahui dengan pasti bahan yang digunakan.
  • Berhati – hati dengan makanan kemasan.
  • Memahami dengan baik gejala – gejala terjadinya serta cara mengatasi alergi.



Popular Posts

Powered by Blogger.