Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner
Ilustrasi By harry.sutrisno
Arteri koroner merupakan salah satu pembuluh darah yang terdapat di jantung yang berguna untuk menyuplai makanan ke sel-sel yang ada dalam jantung. Penyakit jantung koroner dapat terjadi jika pembuluh arteri koroner yang ada dalam tubuh mengalami penyempitan atau malah mengalami penyumbatan karena adanya endapan Lemak. Proses penumpukan endapan lemak ini biasa disebut dalam dunia kesehatan aterosklerosis.

Dengan Kurangnya Suplai darah pada jantung yang diakibatkan oleh penyempitan arteri koroner, bisa membuat rasa nyeri dada, atau yang biasa disebut angina, keadaan ini biasanya terjadi ketika kita sedang beraktivitas fisik maupun ketika kita sedang mengalami stress.


Bila darah yang ada dalam tubuh tidak bisa mengalir sama sekali karena danya penyempitan arteri koroner atau tersumbatnya arteri, hal ini bisa mengakibatkan si-penderita mengalami penyakit serangan jantung yang sangat berbahaya ataupun bisa juga mematikan. Penyakit Seranganan jantung ini bisa terjadi kapan saja, bahkan saat kita sedang istirahat.

Jika seorang mengalami jantung koroner, hali ini bisa mengakibatkan daya tekan pompa jantung dalam tubuh kita melemah sehingga suplai darah tidak bisa beredar dengan sempurna ke seluruh bagian tubuh kita atau gagal jantung. Penderita gagal jantung biasanya memiliki cirri cirri sulit untuk bernafas, hali ini diakibatkan karena paru-parunya tubuh kita dipenuhi cairan, gampang merasa sangat lelah, serta mengalami bengkak-bengkak pada kaki-persendian.

Faktor Risiko yang mengakibatkan jantung Koroner
  1. Adanya Kadar Kolesterol dalam tubuh yang sangat Tinggi.
  2. Adanya hipertensi atau yang sering orang bilang Tekanan Darah TinggiTekanan darah tinggi
  3. Trombosis atau Gumpalan darah yang ada pada vena / arteri
  4. Penyakit jantung Koroner Dipicu dari Kegemukan (obesitas) .
  5. Jantung Koroner Dipicu dari penyakit Diabetes mellitus (gula darah).
  6. Penyakit jantung Koroner Dipicu karena factor Penuaan atau factor usia.
  7. Adanya factor Keturunan dari keluarga.
Cara Mengurangi Risiko Jantung koronel secara alami:
Meskipun kita sebagai manusia tidak dapat melawan masalah penuaan atau factor usia serta mempengaruhi garis keturunan, Namun kita bisa melakukan hal-hal yang ada dibawah ini, untuk mengurangi resiko terkana serangan jantung koroner:
  • Yang pertama Kurangi mengkonsumsi makanan daging yang mempunyai Lemak jenuh tinggi.
  • Memperbanyak mengkonsumsi makan jenis buah-buahan, sayuran serta makanan biji-bijian yang kandungan kaya akan antioksidan tinggi ( seperti Vit A, C serta E). Antioksidan berfungsi untuk mencegah lemak jenuh dalam makanan berubah menjadi kolesterol.
  • Berusaha Menghindari stress. Stress biasanya bisa memicu ketidak seimbangan antara fungsi tubuh satu sama lain, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah, dan bisa mengakibatkan Anda merokok serta makan berlebihan, seperti yang kita tahu merokok dapat menyebabkan serangan jantung jadi usahakan sebisa mungkin anda menghindari stress.
  • Tidak merokok serta mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan.
  • Usahakan Anda rutin untuk berolah raga. Seperti Olahraga aerobik yang bisa anda lakukan selama 30 menit rutin setiap hari, atau 3-4 kali dalam seminggu, jika hal ini anda lakukan maka anda berarti juga secara tak langsung memperkuat jantung, membakar tumpukan lemak dalam tubuh dan menjaga keseimbangan antara HDL dan LDL.
Nah Itulah sedikit ulasan cara cara cara untuk mengurangi resiko jantung Koroner Semoga Bermanfaat

Popular Posts

Powered by Blogger.