Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka
Ilustrasi by mynameisharsha
Manfaat Buah Semangka  ~  semangka atau yang kita kenal dengan bahasa ilmiah (Citrullus lanatus) merupakan tanaman yang terkategori  tanaman merambat, asal mula tanaman cittrullus lanatus (semangka) diyakini berasalah dari wilayah afrika selatan (gurun).Buah yang memiliki ciri fisik oval dan kotak ( yang dibudidayakan dinegara jepang ) memiliki kulit yang bertektur keras, berwarna seperti seragam abri (hijau muda ataupun hijau tua dan terdapat lorek garis2 hijau pekat di bagian kulinya).

Jika menilik di bagian dalam buah, semangka umumnya memiliki dua versi  warna yaitu Daging berwarna kuning serta daging merah. Namun semangka yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh ialah semangka berdaging merah, selain rasanya yang lebih manis, semangka jenis ini mempunyai kandungan antioksida atau lycopenememiliki lebih tinggi ketimbang semangka daging kuning, sehingga anti oksida tersebut berguna baik untuk kesehatan tubuh kita.

Buah yang satu ini memiliki kandungan seperti, air sekitar 92%, gula alami yang baik untuk tubuh sekitar 6%, vitamin A, Vit B6 serta C. selain itu semangka memiliki aneka senyawa seperti asam amino ( sitrum), kalium, magnesium, dan thiamin dan masih banyak yang lainnya.

Nah setelah tadi membahas asal mula buah semangka, ciri-ciri fisiknya serta kandungan yang terdapat didalamnya, sekarang saya akan coba mengulas manfaat buah semangka secara rinci. Manfaat yang terbaik dari buah semangka adalah sebagai buah penghalus kulit, tetapi jika kita meninjau lebih dalam, buah semangka ternyata memiliki segudang manfaat dan diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat buah semangka:
  • Banyaknya Kandungan air yang ada dalam buah semangka, berfungsi baik untuk menetralisir tekanan hipertensi (darah tinggi), sehingga buah yang satu ini cocok untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi( hipertensi).
  • Buah semangka berguna untuk mengurangi resiko terkena serangan penyakit stroke, muntah-muntah, penyakit diare, demam. Cara pembuatan obatnya cukup mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi sekitar 3 gelas jus semangka per harinya.
  • Buah semangka berkhasiat sebagai buah pemercepat  mengeluarkan air kencing, atau air kecil, sehingga buah ini bisa menjadi solusi bagi anda yang susah untuk buang air kecil.
  • Karena andanya kandungan antioksida dalam buah semangka,  kandungan antioksida dalam buah semangka memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. 
  • Semangka juga bisa anda gunakan sebagai menu untuk membantu program diet anda. Mengapa bisa membantu program diet??? Hal ini didasari bahwa buah semangka terbebas dari kandungan lemak serta kaya akan kandungan serat.
  • Buah semangka berfungsi sebagai buah untuk penurun demam, dan penyakit sariawan yang sering menyerang bibir atau mulut kita.
  • Buah Semangka berfungsi baik untuk mengoptimalkan kinerja kerja jantung.
  • yang tak ketinggalan pastinya sebagai buah penghalus kulit.
Nah itulah sedikit ulasan tentang manfaat dari buah semangkasemoga bisa membantu, jika kurang lengkap saya mohon maaf, karena saya Cuma mahluk biasa heheh. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Popular Posts

Powered by Blogger.