Gagal ginjal kronis

Gagal Ginjal - Perawatan dan obat-obatan

Perawatan dan obat-obatan untuk gagal ginjal kronis tergantung pada penyebab yang mendasarinya, beberapa jenis gagal ginjal kronis dapat diobati. Meskipun ada beberapa penyakit gagal ginjal kronis tidak dapat menyembuhkan. Pengobatan terdiri dari langkah-langkah untuk membantu tanda-tanda kontrol dan gejala gagal ginjal kronis, mengurangi komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. Jika ginjal Anda menjadi rusak parah, Anda mungkin perlu pengobatan untuk stadium akhir penyakit ginjal.

Dokter Anda akan bekerja untuk memperlambat atau mengendalikan penyakit dan kondisi yang menyebabkan gagal ginjal Anda. Pilihan pengobatan bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Tapi kerusakan ginjal dapat terus memburuk bahkan ketika kondisi yang mendasarinya telah terjadi, seperti tekanan darah tinggi yang tidak terkendali.

Mengobati penyebab gagal ginjal

Mengobati komplikasi ginjal gagal dapat dikendalikan agar membuat Anda lebih nyaman. Perawatan yang mungkin diperlukan yaitu termasuk di bawah ini:
  • Obat tekanan darah tinggi. Orang-orang dengan gagal ginjal kronis mungkin mengalami perburukan tekanan darah tinggi. Dokter mungkin merekomendasikan obat untuk menurunkan tekanan darah Anda - biasanya angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor atau angiotensin II receptor blockers - dan untuk memperbaiki fungsi ginjal. Obat tekanan darah tinggi pada awalnya dapat menurunkan fungsi ginjal dan mengubah kadar elektrolit, sehingga Anda mungkin memiliki tes darah yang sering untuk memantau kondisi Anda. Dokter Anda mungkin akan juga merekomendasikan diet rendah garam.
  • Obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dokter mungkin merekomendasikan obat, yang disebut statin, menurunkan kolesterol Anda. Orang-orang dengan gagal ginjal kronis sering mengalami tingkat tinggi kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Obat untuk mengurangi anemia. Dalam situasi tertentu, dokter anda dapat merekomendasikan suplemen hormon erythropoietin (uh-Rith-baris-POY-uh-timah), kadang-kadang dengan zat besi tambahan. Suplemen erythropoietin dapat menginduksi produksi lebih sel darah merah, yang dapat meredakan kelelahan dan kelemahan yang terkait dengan anemia.
  • Obat untuk mengurangi pembengkakan. Orang-orang dengan gagal ginjal kronis dapat mempertahankan cairan. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada lengan dan kaki, serta tekanan darah tinggi. Obat-obatan yang disebut diuretik dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.
  • Obat untuk melindungi tulang Anda. Dokter mungkin meresepkan kalsium dan vitamin D suplemen untuk mencegah tulang lemah dan menurunkan risiko fraktur. Anda juga dapat mengambil obat untuk menurunkan jumlah fosfat dalam darah Anda, yang meningkatkan jumlah kalsium yang tersedia untuk tulang Anda.
  • Diet protein rendah untuk meminimalkan produk limbah dalam darah Anda. Seperti tubuh Anda memproses protein dari makanan, itu menciptakan produk limbah yang ginjal harus menyaring darah Anda. Untuk mengurangi jumlah kerja ginjal Anda harus lakukan, dokter anda dapat merekomendasikan makan rendah protein. Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk bertemu dengan ahli gizi yang dapat menyarankan cara untuk menurunkan asupan protein Anda sementara masih menjadi makan makanan yang sehat.


Pengobatan untuk stadium akhir penyakit ginjal

Jika ginjal Anda tidak dapat bersaing dengan limbah dan pembersihan cairan sendiri dan Anda mengembangkan gagal ginjal lengkap, Anda memiliki stadium akhir penyakit ginjal. Pada saat itu, dialisis atau transplantasi ginjal diperlukan.
  • Dialisis. Dialisis artifisial menghilangkan produk limbah dan cairan ekstra dari darah Anda ketika ginjal tidak mampu melakukan fungsi-fungsi. Pada hemodialisis, mesin filter limbah dan kelebihan cairan dari darah Anda. Pada dialisis peritoneal, Anda menggunakan kateter untuk mengisi rongga perut Anda dengan solusi dialisis yang menyerap limbah dan kelebihan cairan - maka solusi ini mengalir keluar dari tubuh Anda dan diganti dengan larutan baru.
  • Transplantasi ginjal. Jika Anda tidak memiliki kondisi medis yang mengancam jiwa selain gagal ginjal, transplantasi ginjal mungkin menjadi pilihan bagi Anda. Transplantasi ginjal melibatkan pembedahan menempatkan ginjal yang sehat dari donor ke dalam tubuh Anda. Transplantasi ginjal dapat berasal dari donor meninggal atau dari donor hidup.

Jika Anda tidak mau untuk memiliki dialisis atau transplantasi ginjal, pilihan ketiga adalah untuk mengobati gagal ginjal Anda dengan tindakan konservatif. Namun, harapan hidup Anda secara umum akan hanya beberapa minggu dalam kasus gagal ginjal lengkap. melibatkan pembedahan menempatkan ginjal yang sehat dari donor ke dalam tubuh Anda. Transplantasi ginjal dapat berasal dari donor meninggal atau dari donor hidup.
Jika Anda tidak mau untuk memiliki dialisis atau transplantasi ginjal, pilihan ketiga adalah untuk mengobati gagal ginjal Anda dengan tindakan konservatif. Namun, harapan hidup Anda secara umum akan hanya beberapa minggu dalam kasus gagal ginjal lengkap.


Popular Posts

Powered by Blogger.